Ekspos Hasil Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo dan Pembinaan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo di Pengadilan Agama Tilamuta

 

Jumat, 26 April 2019 Jajaran Pengadilan Agama Tilamuta mengikuti Ekspos Hasil Pengawasan Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo dan Pembinaan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo yang bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Tilamuta. Ekspos dan Pembinaan ini di pimpin oleh Plh. Ketua Pengadilan Agama Tilamuta Sriwinaty Laiya, S.Ag.

Ekspos ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas pengawasan yang telah dilakukan oleh Tim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo yang bertugas khusus mengawasi Pengadilan Agama Tilamuta. Tim ini yang terdiri dari Drs. Abd. Rohim, S.H.,M.H. selaku Ketua Tim, Drs. Siswanto Supandi, S.H.,M.H. selaku Sekretaris Tim, dan Dra. Nibras A. Ahmad, H. Abd. Adjis Junus Ismail, S.H.,M.H., Rahmanto Bilondatu, S.H. masing-masing sebagai Anggota Tim. Pengawasan ini berlangsung sejak tanggal 24-26 April 2019. Adapun ruang lingkup pengawasan ini dilakukan pada bagian kepaniteraan dan bagian kesekretariatan Pengadilan Agama Tilamuta.

Dalam pemeriksaan ini, panduan yang dijadikan acuan oleh tim pengawas dalam memeriksa didasarkan pada pedoman dan panduan yang ada dalam APM (Akreditasi Pendaminan Mutu) Dirtjen Badilag Makhamah Agung RI. Pengawasan yang telah dilakukan selama tiga hari ini secara garis besar mendapatkan penilaian yang baik dari Tim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo. Meskipun ada beberapa poin yang harus menjadi perhatian bagi jajaran Pengadilan Agama Tilamuta yang secara garis besar telah disampaikan dalam ekspos tersebut. Drs. Abd. Rohim, S.H.,M.H. Selaku Ketua Tim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo mengharapkan agar prestasi yang telah diraih oleh Pengadilan Agama Tilamuta agar terus dipertahankan dan dapat dikembangkan. Tak lupa pula Bapak Drs. Abd. Rohim, S.H.,M.H. menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan oleh tim ini agar segera ditindaklanjuti oleh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta, dan dokumen tindaklanjut tersebut agar segera dikirimkan pula ke Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo.

Selanjutnya dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Bapak Drs. H. Subuki, M.H. dalam pembinaannya telah memberi beberapa nasehat dan pembinaan guna memberikan semangat dan motifasi kepada jajaran Pengadilan Agama Tilamuta dalam menjalankan kewajibannya selaku Hakim dan Apartur Sipil Negara. Beberapa poin yang dapat di jadikan pedoman dalam pembinaan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, adalah menyatakan agar jajaran Pengadilan Agama Tilamuta untuk selalu semangat bekerja meskipun dengan kondisi jumlah pegawai yang terbatas, dan selalu bersyukur atas pekerjaan ada, meskipun ada beberapa pegawai yang tempat tinggalnya berjauhan dengan keluarga. Beliau pula memberikan pembinaan agar jajaran Pengadilan Agama Tilamuta untuk selalu meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan aktifitas pekerjaan di Pengadilan Agama Tilamuta, di antaranya disiplin penggunaan pakaian pada jam kedinasan, disiplin jam kerja, meningkatkan kerjasama antar pengawai dalam lingkungan kerja.

Dalam hal optimalisasi pekerjaan, Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyampaikan agar setiap Hakim dan Pegawai terkait untuk selalu memperhatikan instrumen-instrumen pendukung yang berbasis Teknologi dan Informasi, mengingat Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo telah mencanangkan dan mengoptimalkan penggunaan e-register dan e-keuangan bagi seluruh Pengadilan Agama yang berada di bawahnya. Bahkan saat ini telah ada penegasan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI agar setiap satker yang berada di bawahnya melakukan singkronisasi data pada SIPP ke SIPP MA RI secara rutin tiga kali dalam sehari, hal ini sebagaimana surat Nomor 1301/DjA/HM.02.3/IV/2019 tanggal 10 April 2019 tentang implementasi SIPP dan Pengiriman Biaya Panggilan Delegasi.

Sehubungan dengan pengiriman biaya panggilan delegasi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo juga menyampaikan agar pada Pengadilan Agama Tilamuta ini agar dapat menggunakan rekening khusus penanganan perkara delegasi. Penggunaan rekening khusus ini terkait pengiriman dan penerimaan biaya panggilan/pemberitahuan. Hal ini di lakukan agar proses perkara dapat berjalan secara lancar dan cepat. Bukti transfer biaya panggilan tersebut kemudian diupload ke SIPP, sebagai pertanggung jawaban atas pengiriman/penerimaan biaya panggilan/pemberitahuan tersebut.

Dalam penutup pembinaannya, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pengadilan Agama Tilamuta yang telah memberikan penyambutan yang baik kepadanya maupun kepada Tim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo selama berada di Pengadilan Agama Tilamuta.

 

 

 

Sebagai rangkaian acara terkahir, Ketua Tim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo dengan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo telah menyerahkan dokumen hasil pemeriksaanTim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo kepada Plh. Ketua Pengadilan Agama Tilamuta. (mt)

 

 

Pengunjung

Kemarin: 1
Minggu Ini: 5
Minggu Lalu: 23
Bulan Ini: 60
Bulan Kemarin: 71
Total: 6356

Indonesia 86.7%Indonesia
United States 6.6%United States
Malaysia 3.7%Malaysia
Mozambique 0.9%Mozambique
China 0.9%China
Bangladesh 0.9%Bangladesh

 

Download Full Premium themes - Chech Here
Free artbetting.net bookamkers reviw.
Visitor counter, Heat Map, Conversion tracking, Search Rank
http://b.artbetting.net/