MA selenggarakan lomba Inovasi, Tim Inovasi PA Tilamuta lembur kebut Aplikasi Inovasi

Tilamuta, 8 September 2015
Tim Inovasi Pengadilan Agama Tilamuta Senin malam (07/09/2015) Pukul 20.00 WITA mulai menggarap pembuatan inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada publik. Berdasarkan SK Ketua Pengadilan Agama Tilamuta Nomor W26-A3/1248/HM.02.3/IX/2015 tentang Pembentukan Tim Inovasi Pelayanan Peradilan Mahkamah Agung RI pada Pengadilan Agama Tilamuta Tahun 2015 tanggal 7 September 2015, tim inovasi tersebut mengusung sebuah aplikasi berbasis android yang menyediakan informasi seputar perkara yang ditangani oleh Pengadilan Agama Tilamuta.

Informasi perkara yang ditangani oleh setiap pengadilan terutama oleh seluruh pengadilan agama di Indonesia saat ini dapat diakses melalui website masing-masing pengadilan agama sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada publik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Informasi merupakan hak asasi setiap masyarakat yang berperkara di pengadilan sehingga sudah sepatutnya tidak ada tirai penutup antara pengadilan dengan para pencari keadilan dalam proses perjalanan setiap perkara yang ditangani pengadilan. Informasi mengenai tanggal persidangan, keuangan perkara, hak-hak dan prosedur lain selayaknya dapat diakses oleh masyarakat tanpa perlu diminta terlebih dahulu.
Untuk melaksanakan keterbukaan informasi kepada publik terkait penanganan perkara oleh pengadilan agama di seluruh Indonesia, Direktorat Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung RI telah mengupayakan sebuah wadah untuk menampung data informasi perkara dari seluruh pengadilan agama di Indonesia dalam suatu server yang diberi nama www.infoperkara.badilag.net dan memberikan keseragaman dalam menampilkan informasi perkara bagi setiap satuan kerja (satker) pengadilan agama dalam suatu link/url untuk digunakan/dipasang pada setiap website resmi pengadilan agama. Sehingga tidak ada perbedaan menu dan tampilan antara satu satker dengan satker lain dalam menyediakan informasi terkait perkara yang ditangani oleh masing-masing satker.
Tim Inovasi Pengadilan Agama Tilamuta telah menentukan pilihannya untuk membuat suatu aplikasi penyedia layanan informasi berbasis android yang pengambilan datanya tidak melalui server infoperkara badilag, akan tetapi dari server mandiri yang dibuat pada web hosting Pengadilan Agama Tilamuta. Selain tampilan menu yang bisa dicustomized, akses ke server mandiri lebih cepat dan kecil kemungkinannya untuk mengalami timeout koneksi jika dibandingkan pengambilan data dari server infoperkara badilag yang notabene (menurut analisa tim inovasi kami) domain www.badilag.net memiliki lebih dari 5 (lima) subdomain dan subdomain www.infoperkara.badilag.net yang selalu di akses oleh satker Peradilan Agama dan Publik di seluruh Indonesia  sering kali mengalami overload bandwidth atau susah di akses khususnya jika koneksi internet kurang memadai.
Dalam pengerjaan aplikasi perdana kali ini, tim inovasi telah mencanangkan 3 (tiga) nama untuk aplikasi dimaksud, yakni LIPER DIMATA (Layanan Informasi Perkara Pengadilan Agama Tilamuta), SILAPER MATA (Sistem Informasi Layanan Perkara Pengadilan Agama Tilamuta) dan SLIM PERMATA (Sistem Layanan Informasi Mobile Perkara Pengadilan Agama Tilamuta). Ketiga nama ini akan diuji kelayakan dan kepatutannya selama proses pembuatan hingga saat dilaunching nanti. Tim bersama jajaran pimpinan dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Tilamuta akan menentukan nama mana yang dianggap layak disandang dan sesuai dengan aplikasi yang akan selesai dikerjakan oleh Tim Inovasi.
Pengerjaan aplikasi berbasis android pada Senin malam ini diikuti oleh seluruh Tim yang terdiri dari 5 (lima) orang yakni Achmad Sarkowi, S.HI (Hakim) selaku ketua tim yang bertugas sebagai koordinator dan membagi tugas kepada anggota. Zeyn Saidi (Jurusita Pengganti/web admin) bertugas membuat script html, php dan MSSQL/MYSql untuk migrasi database dari server siadpa (lokal) ke webhosting (online). Rachmad Triapto, S.Kom (CPNS/Pemelihara IT) bertugas membuat script Java untuk aplikasi android. Arman Hendiriki Van Gobel, A.Md (Jurusita Pengganti /Staf Umum) bertugas membuat desain layout aplikasi dan logo. Andri A.Gani, A.Md (Jurusita Pengganti /Staf Kepegawaian) bertugas membuat konten menu-menu. Lembur tim inovasi ini selesai dilakukan pada dinihari tepat Pukul 03.00 WITA dengan menyisakan pekerjaan untuk hari berikutnya.
 

Pengunjung

Kemarin: 10
Minggu Ini: 10
Minggu Lalu: 30
Bulan Ini: 75
Bulan Kemarin: 128
Total: 4885

Indonesia 84.7%Indonesia
United States 9.5%United States
Australia 3.8%Australia
Belgium 0.9%Belgium
Republic Of Korea 0.9%Republic Of Korea
Download Full Premium themes - Chech Here
Free artbetting.net bookamkers reviw.
Visitor counter, Heat Map, Conversion tracking, Search Rank
http://b.artbetting.net/