Peluncuran Aplikasi Inovasi Pengadilan Agama Tilamuta “SLIM PERMATA”

(Ketua Tim Inovasi menyerahkan aplikasi SLIM PERMATA secara simbolis kepada Ketua Pengadilan Agama Tilamuta didampingi oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Tilamuta dan Ibu Panitera/Sekretaris)

Selasa, 15 September 2015
Ketua Pengadilan Agama Tilamuta pagi ini pukul 09.00 WITA resmi meluncurkan aplikasi pelayanan mobile berbasis android. Bertempat di ruang sidang utama, Ketua Pengadilan Agama Tilamuta di hadapan seluruh jajaran pimpinan dan pegawai mengucapkan Bismillahirrahir rahmaanir rahiem sebagai pertanda aplikasi yang diberi nama SLIM PERMATA resmi dapat digunakan oleh masyarakat pencari keadilan sebagai upaya meningkatkan pelayanan informasi publik. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Tilamuta mengapresiasi kinerja Tim Inovasi yang telah mengerahkan segenap energi, pikiran dan waktunya untuk menciptakan aplikasi tersebut selama kurang lebih 7 (tujuh) hari. “Sungguh luar biasa kinerja yang ditunjukkan oleh Tim Inovasi karena dapat menyelesaikan aplikasi ini hanya dalam waktu seminggu. Kita patut berbangga atas kinerja yang diberikan oleh Tim.” Berdasarkan laporan dari Ketua Tim Inovasi kepada Ketua Pengadilan Agama Tilamuta bahwa seluruh anggota tim melembur aplikasi ini hingga pukul 3 dan 4 dinihari selama 3 (tiga) hari berturut-turut, selebihnya hingga tengah malam.

SLIM PERMATA adalah singkatan dari Sistem Layanan Informasi Mobile Perkara Pengadilan Agama Tilamuta. Aplikasi ini dapat digunakan di seluruh perangkat telepon genggam berbasis android untuk semua versi, dari versi ginger beard, ice cream sandwich, jelly bean hingga versi lolypop sekalipun. Aplikasi ini memuat tentang informasi perkara dari jadwal sidang harian, riwayat persidangan untuk setiap perkara, detail perkara, detail akte cerai, keuangan perkara dan informasi lainnya meliputi prosedur pendaftaran perkara, biaya radius pemanggilan, prosedur pengambilan akte cerai dan jenis dan tarif pnbp di pengadilan.

Aplikasi ini menurut Ketua Tim Inovasi Pengadilan Agama Tilamuta dapat diunduh pada website ini mulai esok hari setelah Tim sedikit melakukan finishing pada aplikasi tersebut. Ketua Tim juga menyampaikan bahwa selanjutnya aplikasi ini akan disosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi langsung kepada para pihak yang sedang menunggu giliran bersidang di ruang tunggu, melalui meja informasi dan meja I (petugas pendaftaran).

Dalam sambutannya, Ketua Tim juga menyampaikan harapannya kepada seluruh jajaran pegawai Pengadilan Agama Tilamuta khususnya bagian kepaniteraan agar senantiasa aktif melakukan input data ke dalam aplikasi Siadpa Plus secara realtime, artinya ketika proses persidangan selesai dilaksanakan panitera sidang diharapkan segera menginput tanggal penundaan jika perkara ditunda, menginput tanggal putus jika perkara yang baru disidangkan telah putus. Begitu pun halnya dengan para hakim yang menangani setiap perkara diharapkan lebih aktif lagi melakukan input data ke dalam aplikasi Siadpa, misalnya bagi Ketua Majelis agar menginput tanggal PHS, bagi mediator agar aktif menginput laporan hasil mediasi, penentuan tanggal ikrar dan sebagainya.

Aplikasi ini di samping bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pencari keadilan, diharapkan juga meningkatkan kinerja semua unsur pegawai dalam menangani perkara yang dihadapi yakni melalui aplikasi Siadpa Plus, karena data yang ditampilkan dalam aplikasi ini berasal dari data yang terhimpun pada komputer server aplikasi Siadpa Plus pada kantor Pengadilan Agama Tilamuta kemudian dilakukan pengemasan (generate) untuk tujuan pengiriman data tersebut ke server yang terdapat pada web hosting website ini. Tujuan pengalihan server dari upload informasi perkara yang telah biasa dilakukan setiap hari oleh seluruh pengadilan agama di Indonesia ke server infoperkara adalah agar penyediaan data melalui aplikasi SLIM PERMATA tidak mengalami timeout koneksi disebabkan oleh meluapnya pengunjung situs www.badilag.net. Perlu diketahui bahwa website resmi Badilag (www.badilag.net) senantiasa dikunjungi oleh seluruh warga peradilan agama di Indonesia sebagai sarapan bagi guna memperoleh informasi-informasi penting terkait dengan kebijakan-kebijakan baru yang dirilis oleh Dirjen Badilag, sehingga sangat mungkin terjadi overload quota bandwidth yang dimiliki oleh website badilag tersebut. Terlebih jika suatu waktu Dirjen Badilag merilis berita tentang Pengumuman Hasil Rapat Tim Promosi dan Mutasi Hakim Peradilan Agama yang selalu dinanti oleh para Hakim peradilan agama di seluruh Indonesia, maka dapat dipastikan website badilag mengalami down sehingga tidak dapat diakses sama sekali. Tentunya akan berimbas pula penyediaan informasi perkara yang menggunakan link/url (feedback) melalui situs infoperkara.badilag.net akan mengalami gangguan serupa, tidak dapat diakses.

Acara Peluncuran aplikasi SLIM PERMATA ini ditutup dengan foto bersama seluruh pegawai Pengadilan Agama Tilamuta di ruang lobby.

Pengunjung

Hari ini: 1
Minggu Ini: 1
Minggu Lalu: 23
Bulan Ini: 62
Bulan Kemarin: 132
Total: 4102

Indonesia 44.5%Indonesia
Japan 39%Japan
United States 7.2%United States
Canada 4.5%Canada
Russian Federation 1.8%Russian Federation
Malaysia 0.9%Malaysia
Ukraine 0.9%Ukraine
Taiwan 0.9%Taiwan
Download Full Premium themes - Chech Here
Free artbetting.net bookamkers reviw.
Visitor counter, Heat Map, Conversion tracking, Search Rank
http://b.artbetting.net/