Seputar Peradilan

Jumat, 14 Juni 2019 Ketua Pengadilan Agama Tilamuta melantik Ulfiana Rofiqoh, S.H.I. sebagai Hakim Pengadilan Agama Tilamuta, hal ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 74/KMA/SK/IV/2019 tertanggal 25 April 2019. Hakim yang dilantik di Pengadilan Agama Tilamuta ini sebelumya merupakan Hakim yang bersidang di Pengadilan Agama Unaha.

Pelantikan tersebut berlangsung secara hikmat yang dihadiri oleh seluruh aparat Pengadilan Agama Tilamuta.

 Dalam perkenalan dengan didampingi suami, ibu Ulfiana menyampaikan banyak terima kasih atas seremonial yang telah dilaksanakan ini. Lebih lanjut Hakim Pengadilan Agama Tilamuta yang baru dilantik tersebut menyampaikan agar dapat berkerja secara optimal dalam menjalankan kesehariannya di Pengadilan Agama Tilamuta serta dapat menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh aparat Pengadilan Agama Tilamuta.

Ketua Pengadilan Agama Tilamuta melalui sambutannya memberikan beberapa pembinaan kepada seluruh aparat Pengadilan Agama Tilamuta khususnya kepada para Hakim mengenai penguatan intelektualitas, keahlian dan pengalaman, dan integritas. Ketiga hal ini menurut Ketua Pengadilan Agama Tilamuta sudah harus ada dalam jiwa seluruh aparat peradilan. Apalagi ketiga hal ini menjadi salah satu bagian standar bagi Mahkamah Agung RI dalam melakukan rekrutmen khususnya rekrutmen Hakim. Hal ini guna mendapakan hakim yang berkarakter dan profesional. Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai, kayakinan, dan prinsip yang dipegangnya. Lebih lanjut Ketua Pengadilan Agama Tilamuta menyampaikan tentang hasil sebuah penelitian bahwa kecerdasan emosional (EQ) dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual (IQ) dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.

Rangkaian acara pelantikan dan pengambilan sumpah Hakim Pengadilan Agama Tilamuta ini di akhiri dengan halal bihalal di lingkungan Pengadilan Agama Tilamuta. Halal bihalal ini walaupun adalah tradisi yang hanya ada di Indonesia, namun hal ini merupakan kegiatan yang baik, karena dalam halal bihalal ini diharapkan dapat lebih memupuk rasa persaudaraan, kerjasama, kekompakan, dan kesolidan seluruh aparat Pengadilan Agama Tilamuta yang terdiri dari Hakim, pejabat Struktural/Fungsional, karyawan/karyawati, tenaga Honorer dan Abdi. (mt)