Seputar Peradilan

Kamis, 25 juli 2019 jajaran Pengadilan Agama Tilamuta menerima kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo. Kunjugan ini adalah kunjungan pertama beliau secara resmi dan juga merupakan agenda resmi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo guna memberikan pembinaan pada Pengadilan Agama yang berada dalam wilayah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo. Dalam pembinaan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Tilamuta ini dihadiri oleh seluruh Pejabat, Pegawai, Honorer serta Tenaga Abdi pada Pengadilan Agama Tilamuta.

Ketua Pengadilan Agama Tilamuta dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, dan tak lupa mengucapkan banyak terima kasih karena Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo telah sudi mendatangi langsung guna memberikan pembinaan di Pengadilan Agama Tilamuta. Lebih lanjut Ketua Pengadilan Agama Tilamuta meminta kesungguhan dan keseriusan seluruh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta dalam menerima pembinaan ini.

 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyampaikan banyak terima kasih atas antusias dari jajaran Pengadilan Agama Tilamuta guna menerima pembinaan yang akan disampaikan pada kesempatan ini. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban beliau yang harus dilaksanakan, mengingat beliau merupakan pimpinan tertinggi dalam wilayah hukum Peradilan Agama di Provinsi Gorontalo, yang harus mengetahui secara langsung keadaan dan kondisi warga peradilan yang berada di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo.

 Dalam pembinaannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo memberikan motifasi dan nasehat kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tilamuta guna bekerja secara ikhlas dan penuh tanggung jawab, serta selalu mengharapkan bimbingan dan rahmat dari Allah swt. Dengan begitu, segala aktifitas yang dilakukan terkait dengan perkerjaan kita guna mengabdikan diri untuk Pengadilan Agama Tilamuta mendapatkan rahmat dan memperoleh pahala disisi Allah swt.

Selanjutnya dalam kesempatan pembinaan ini, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyampaikan beberapa hal terkait Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial di Batam oleh Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Juli 2019. Beberapa hal pokok dalam Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial di Batam tersebut bahwa sebagaimana penyampaian Ketua Mahkamah Agung yang mengutarakan mengenai capaian-capaian yang diraih oleh Mahkamah Agung di antaranya peran Mahkamah Agung dalam mendukung  program Nasional tentang kemudahan berusaha,  Mahkamah Agung menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional  atas peran aktif dan kontribusinya dalam Pencegahaan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia, melalui giat sosialisasi, test urine dan tersusunnya regulasi dari tingkat pusat sampai wilayah dari tahun 2017 sampai sekarang, penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN),  dan terakhir mengenai penerimaan Negara bukan pajak pada MA dan badan Peradilan di bawahnya.

 Lebih lanjut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyampaikan bahwa Mahkamah Agung RI saat ini telah mengupayakan peningkatan serta pengembangan jaminan kesejahteraan bagi Hakim dan Pegawai. Dengan adanya peningkatan jaminan kesejahteraan ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja Hakim dan Pegawai guna memberikan pelayanan prima dan memberikan rasa keadilan bagi para pihak yang berperkara di pengadilan.

 Kemudian Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo dalam pembinaannya kembali mengingatkan kepada jajaran Pengadilan Agama Tilamuta agar mengoptimalkan program unggulan Badilag dalam bentuk aplikasi sebagaimana dalam Surat Dirjen Badilag Nomor 3396/DjA/OT.02.1/VII/2019 perihal Uji Coba 9 (Sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan Agama. Adapun 9 aplikasi tersebut adalah:

  1. Aplikasi Notifikasi Perkara;
  2. Aplikasi Informasi Produk Pengadilan;
  3. Aplikasi Antrean Sidang;
  4. Aplikasi Basis Data Terpadu Kemiskinan;
  5. Command Center;
  6. Aplikasi PNBP Fungsional;
  7. Aplikasi e-Eksaminasi;
  8. Aplikasi e-Register; dan
  9. Aplikasi e-Keuangan.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyatakan bahwa guna melancarkan komunikasi khususnya optimalisasi 9 program unggulan ini, Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo saat ini telah membentuk Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo yang anggotanya berasal dari seluruh tenaga IT pada Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo dan pada masing-masing Pengadilan Agama yang berada di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo. Tim IT ini nantinya akan saling berkoordinasi mengenai penggunaan 9 aplikasi ini, sekaligus bersama-sama memecahkan setiap permasalah yang terjadi pada masing-masing Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo. (mt)