Seputar Peradilan

Pukul 09.00 WITA, tanggal 15 Oktober 2019 Mobil DM 5 TA Mobil Dinas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo berhenti tepat di depan pintu masuk Ruang Lobi/Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Pengadilan Agama Tilamuta. Ternyata hari ini, Pengadilan Agama Tilamuta kedatangan tamu istimewa, yaitu Yang Mulia BapakDrs. H. Ibrahim Kardi, S.H., M.Hum. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo. Hari ini adalah kunjungan beliau untuk yang pertama kali setelah dilantik sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menggantikan Yang Mulia Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H. yang telah di Mutasi ke Pengadilan Tinggi Agama Semarang menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Saat itu kami selaku jajaran Pengadilan Agama Tilamuta sebenarnya memang sedang menunggu kedatangan Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo tersebut, karena beliau telah dimohonkan untuk hadir dalam acara Pembukaan Sidang Itsbat Nikah Dalam Pelayanan Tepadu di Kabupaten Boalemo. Tak lama setelah memasuki Kantor Pengadilan Agama Tilamuta, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo disambut secara kekeluargaan oleh seluruh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta.

Dalam kunjungan tersebut, bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Tilamuta, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo telah memberikan pembinaan perdana kepada jajaran Pengadilan Agama Tilamuta. Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo saat itu mengintruksikan agar seluruh aparat yang bekerja di Pengadilan Agama Tilamuta agar bisa turut hadir mengikuti pembinaan yang akan beliau sampaikan.

 

Ketua Pengadilan Agama Tilamuta dalam sambutannya mewakili jajaran Pengadilan Agama Tilamuta menyampaikan selamat datang kepada Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, dan meminta kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta yang hadir saat itu untuk bersungguh-sungguh mengikuti pembinaan yang akan disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo setelah menyampaikan secara singkat biografinya, menyampaikan banyak terima kasih kepada jajaran Pengadilan Agama Tilamuta yang telah menyambut beliau di Pengadilan Agama Tilamuta secara kekeluargaan. Beliau dengan sedikit bercanda menyampaikan bahwa seumur hidupnya baru pertama kali menginjakkan kaki di tanah Tilamuta, Kabupaten Boalemo (karena memang beliau bukan penduduk asli Boalemo).

Kemudian dalam pembiaannya, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo menyampaikan beberapa hal, di antaranya mengenai peningkatan kinerja dan disiplin bagi para Hakim dan Pegawai di lingkungan Peradilan Agama khususnya di Pengadilan Agama Tilamuta. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo juga memberikan beberapa arahan tentang standar pengaturan sarana dan prasana Gedung Peradilan, yang mana hal ini juga sudah menjadi standar umum yang berlaku pada instansi-instansi pemerintahkan yang telah terakreditasi. Sebagai salah satu contoh, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo sedikit memberikan penjelasan mengenai pengaturan meja pegawai, kebersihan dan kenyamanan ruang kerja, dan tata kelola tempat parkir. Menutup pembinaannya, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo kembali menghimbau kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta agar terus meningkatkan kualitas pekerjaannya dan selalu ikhlas bekerja dan menyelesaikan pekerjaan, sehingga segala pekerjaan yang dilakukan dapat dihitung sebagai ibadah, serta mampu menyelesaikan permasalahan yang timbul secara mandiri tanpa harus melibatkan pihak lain atau dalam hal ini Pengadilan Tingkat Banding bahkan sampai ke Badan Peradilan Agama (Badilag) atau Mahkamah Agung. (mt)