222 SIDANG PERDANA DI LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA DI TAHUN 2020

Kegiatan Pengadilan

Sidang Perdana di Luar Gedung Pengadilan Agama di Tahun 2020

 Senin 20 Januari 2020 Pengadilan Agama Tilamuta kembali menggelar sidang di luar gedung Pengadilan Agama Tilamuta atau biasa diistilahkan dengan Sidang Keliling. Sidang keliling itu sendiri merupakan kegiatan rutin yang telah di programkan setiap tahun. Sidang Keliling ini dimaksudkan untuk memudahkan akses masyarakat menuju tempat sidang. Jadi para pihak tidak lagi ke Kantor Pengadilan Agama Tilamuta yang jaraknya relatif jauh dari tempat kediaman para pihak yang sedang berperkara.

Kecamatan Wonosari merupakan tempat perdana perlaksanaan sidang keliling. Tepatnya di Aula Kantor urusan Agama Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Jarak dari Kantor Pengadilan Agama Tilamuta sampai di lokasi sidang keliling kurang lebih sejauh 40 km dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Jadi dengan adanya kegiatan ini, maka masyarakat yang berdomisili di wilayah Kecamatan Wonosari telah terbantukan karena jarak menuju lokasi sidang menjadi relatif dekat.

Sebelum tiba di lokasi persidangan, tim yang bersidang pada hari ini, sebelumnya menyempatkan untuk singgah di Kantor Camat Wonosari. Setiba di Kantor Camat Wonosari, Ketua, Wakil Ketua, Ibu Hakim, Panitera, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Tilamuta yang bersidang pada hari ini di sambut langsung oleh Bapak Camat Wonosari Lukman Amu, M.Pd. Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Camat Wonosari tersebut, Ketua Pengadilan Agama Tilamuta menyampaikan bahwa Sidang Keliling Pengadilan Agama Tilamuta Tahun 2020 ini sudah di mulai hari ini, sekaligus menginfokan kepada Bapak Camat Wonosari bahwa sebagai lokasi Sidang Keliling untuk wilayah Kecamaran Wonosari yaitu Aula Kantor Urusan Agama Kecamatan Wonosari.

Bapak Camat Wonosari dalam kesempatan pertemuan di ruangannya tersebut menyampaikan banyak terima kasih, karena Pengadilan Agama Tilamuta dengan program Sidang Keliling ini telah memberikan kemudahan khususnya bagi masyarakat Kecamatan Wonosari guna menyelesaikan berbagai macam persoalan/perkara yang mereka alami melalui Pengadilan Agama Tilamuta, karena tanpa harus jauh-jauh datang ke Kantor Pengadilan Agama Tilamuta. Sehingga masyarakat Kecamatan Wonosari yang sebagian besar pekerjaannya sebagai Petani tidak lagi harus mengeluarkan biaya yang besar untuk transportasi menuju lokasi persidangan.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Kantor urusan Agama Kecamatan Wonosari untuk memulai sidang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kantor Camat Wonosari, Tim Sidang Keliling Pengadilan Agama Tilamuta bersama Bapak Camat Wonosari serta staf Kantor Camat Wonosari menyempatkan untuk foto bersama di depan Kantor Camat Wonosari.

Sidang di luar gedung Pengadilan Agama Tilamuta di tahun 2020 ini di laksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Tilamuta Nomor W26-A3/54/HK.05/I/2020 Tanggal 2 Januari 2020 Tentang Penetapan Tempat Sidang Di Luar Gedung Pengadilan Pada Pengadilan Agama Tilamuta Tahun 2020. Dalam realisasinya, sidang keliling ini dapat digelar apabila dalam satu kali turun untuk bersidang, minimal harus ada dua perkara yang akan disidangkan. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan penggunaan anggaran sebagaimana yang telah di tetapkan dalam DIPA Pengadilan Agama Tilamuta Tahun 2020. (mt)