231 KUNJUNGAN PERDANA KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA GORONTALO KE PENGADILAN AGAMA DI TAHUN 2020

Kegiatan Pengadilan

Rabu, 12 Februari 2020 Pengadilan Agama Tilamuta mendapat kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Drs. H. Ibrahim Kardi, S.H., M.Hum. turut hadir juga dalam kunjungan hari itu yaitu Istri KPTA Gorontalo Dra. Hj. Mursyidatul Jannah, S.H. (Ketua Dharmayukti Karini Cabang Gorontalo), dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Harsono Hamzah, S.Ag., M.H. Kunjungan KPTA Gorontalo ke Pengadilan Agama Tilamuta ini merupakan kunjungan yang sudah diagendakan yaitu dalam rangka memonitoring kesiapan Pengadilan Agama Tilamuta guna mensukseskan penilaian Lomba Dekorum dan K3 (Kebersihan Keindahan dan Kerapihan) yang diselenggarakan oleh Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, yaitu sebagaimana Surat Dirjen Badilag Nomor 312//DJA/OT.01.3/I/2020 tanggal 4 Februari 2020 tentang Lomba Dekorum Ruang Sidang dan K3.

Sebelum melakukan pembinaan terkait kunjungan ini, KPTA Gorontalo bersama Sekretaris PTA Gorontalo terlebih dahulu melakukan monitoring secara langsung kondisi lingkungan dan gedung kantor Pengadilan Agama Tilamuta. KPTA Gorontalo, Sekretaris PTA Gorontalo saat berkeliling melihat kondisi lingkungan dan gedung Kantor Pengadilan Agama Tilamuta juga didampingi oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Agama Tilamuta.

Dalam pembinaan yang dilakukan di ruang sidang Pengadilan Agama Tilamuta ini, yang diawali oleh Sekretaris PTA Gorontalo, menyampaikan bahwa pada prinsipnya Pengadilan Agama Tilamuta sebenarnya sudah memiliki kesiapan untuk mengikuti penilaian Dekorum dan K3. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus menjadi penekanan bagi Aparat Pengadilan Agama Tilamuta guna mensukseskan keikutsertaan lomba ini, yaitu salah satu di antaranya dalam hal kebersihan, keindahan, dan kerapihan taman. Dimana dalam penyampaiannya ini, Sekretaris PTA Gorontalo mengharapkan agar terkait dengan kebersihan, keindahan dan kerapihan taman Pengadilan Agama Tilamuta ini agar menjadi perhatian khusus, karena apabila tidak di perhatikan dengan baik, maka hanya akan mendapat penilaian yang tidak baik.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo dalam menyambung penyampaian Sekretaris PTA Gorontalo juga sangat berharap agar semua unsur di Pengadilan Agama Tilamuta, mulai dari unsur Pimpinan sampai Pegawai Abdi Pengadilan Agama Tilamuta agar bersungsuh-sungguh dan antusias mengikuti lomba ini, bahkan motivasi ini bisa dipertahankan dan dikembangkan meskipun tidak ada momen perlombaan yang diselengarakan oleh Badilag ini. Karena hal ini sudah menjadi kewajiban seluruh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta guna terus menjaga kebersihan, keindahan dan kerapihan lingkungan dan gedung kantor Pengadilan Agama Tilamuta. KPTA Gorontalo dalam pembinaannya tersebut bahkan meminta agar dalam jangka waktu minimal dalam satu minggu kedepan, Pengadilan Agama Tilamuta benar-benar sudah siap dinilai oleh tim penilai lomba Dekorum dan K3 Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Selain menerima pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, pada kesempatan ini juga, Pengadilan Agama Tilamuta telah mengagendakan penyematan PIN Zona Integritas Pengadilan Agama Tilamuta menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dalam acara tersebut, KPTA Gorontalo dan Sekretari PTA Gorontalo telah berkenan untuk menyematkan langsung PIN Zona Integritas kepada Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Agama Tilamuta, yang kemudian diikuti oleh seluruh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta.

Sebagai penutup acara Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo tersebut, seluruh jajaran Pengadilan Agama Tilamuta berkesempatan melakukan foto bersama dengan KPTA Gorontalo dan Istri, dan Sekretaris PTA Gorontalo. Tak lupa dalam kesempatan tersebut, yel-yel penyemangat Pengadilan Agama Tilamuta kembali diaungkan sebagai bukti kesiapan Pengadilan Agama Tilamuta guna mensukseskan Pengadilan Agama Tilamuta menjadi Zona Intergritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. (mt)