412 HARI KE TIGA ORIENTASI CPNS MA RI YANG DITUGASKAN DI PENGADILAN AGAMA TILAMUTA

Kegiatan Pengadilan

HARI KE TIGA ORIENTASI CPNS MA RI YANG DITUGASKAN DI PENGADILAN AGAMA TILAMUTA

   Rabu, 13 April 2022 hari ke tiga orientasi pengenalan lembaga peradilan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Mahkamah Agung RI yang ditugaskan di Pengadilan Agama Tilamuta. Orientasi hari ini terdiri dari materi Kepaniteraan, Tugas dan fungsinya. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Arlin Abdullah Albakir, S.H., M.H. (Panitera Pengadilan Agama Tilamuta). dalam pemaparannya beliau menyampaikan kaitannya dengan struktur organisasi yang ada di bawah kepaniteraan Pengadilan Agama yang meliputi, Panitera, Panitera Pengganti, Jurusita, dan Jurusita Pengganti.

orientasi130422_1.JPG

   Selain materi mengenai tugas pokok dan fungsi dari setiap bagian, dijelaksan pula mengenai bagaimana kecermatan dan ketelitian Panitera dan Panitera Pengganti dalam membuat Berita Acara Sidang. Beliau menyampaikan kunci pertama sebagai seorang panitera atau panitera pengganti harus memahami alur daripada proses persidangan. Proses persidangan yang dituangkan dalam berita acara sidang harus sesuai dengan fakta yang terjadi dalam persidangan.

orientasi130422_2.JPG

   Selain daripada itu pelaporan dan pengarsipan harus dibuat dan menjadi tanggungjawab Panitera Muda Hukum. Laporan tersebut mengenai keperkaraan yang diakumulasi dalam setiap bulannya.

orientasi130422_3.JPG

   Harapannya peserta orientasi  Calon Pegawai Negeri Sipil dapat memahami tugas dan fungsi dari setiap bagian kepaniteraan. Dan kelak semoga dapat menjadi bekal dan ilmu yang bermanfaat bagi peserta sehingga memudahkan  Calon Pegawai Negeri Sipil untuk lebih memahami pekerjaan dibidang Kepaniteraan (rw)